Latest News

Buah Tomat Penting untuk Kesehatan | Ayo Makan Tomat

Advertisement
Buah Tomat Penting untuk Kesehatan - Buah tomat adalah buah kesehatan, tidak hanya bermanfaat dalam hal dapur atau mebuat jus semata, tetapi tomat termasuk yang sangat pentig dala kesehatan. Berikut kita lihat apa saja yang terkandung dalam tomat sehingga membuat buah ini begitu penting untuk kesehatan.

1. Buah tomat adalah sumber vitamin C, juga merupakan sumber potasium. Buah tomat bisa menjadi buah yang mampu menghindarkan kita dari penyakit, karena disamping mengandung sejumlah vitamin juga mengandung fitokimia yang sangat bagus untuk kesehatan. Tahukah anda bahwa 95% likopen (anti oksidan kuat dan fenolik) dalam makanan berasal dari buah tomat.
Tomat Penting untuk Kesehatan
2. Likopen adalah merupakan karatenoid alami yang membuat tomat berwarna merah. Karatenoid inilah yang berperan dalam mencegah berbagai penyakit kanker, kerusakan mata akibat degenerasi makula, kerusakan kulit akibat paparan matahari dan aterosklerosis.

3. Pria yang banyak mengkonsumsi tomat, atau mengkonsumsi tomat dua porsi bisa mengurangi resiko terhadap penyakit kanker hingga 35%.

4. Manfaat menakjubkan lain dari tomat adalah mampu menghindari wanita dari penyakit cervical intra-epithelial neoplasia (CIN), akibat dari kandungan likopen didalamnya. CIN adalah tumor yang muncul di rahim ibu, dan likopen merupakan penghambat kuat terhadap kanker.

5. Likopen akan mudah diserap oelh tubuh ketika dimasak dengan sedikit minyak. Memasak tomat membantu mnenghancurkan sel tomat dan mengeluarkan likopen. Jadi masaklah tomat dengan sedikit minyak agar manfaat likopen benar-benar terasa untuk kesehatan.

6. Tomat juga termasuk dalam makanan-makanan yang mengandung lutein, sehingga mengkonsumsi tomat bagus untuk kesehatan mata, menguatkan retina sehingga penghilatan menjadi lebih terang. Juga bermanfaat untuk menururnkan resiko makula dan katarak.
Baca juga: Manfaat Lutein untuk Mata
Disamping itu, Lutein juga bermanfaat untuk mengikis dan mencegah terjadi penebalan arteri oleh aterosklerosis. Aterosklerosis adalah resiko terbesar penyakit jantung.

7. Tomat dan produk tomat bermanfaat pada kanker agresif yang telah menyebar keberbagai bagian tubuh.

Itulah manfaat dan pentingnya tomat untuk kesehatan, jadi ayo kita makan tomat sebagai makanan penting dalam mencegah berbagai penyakit berat dan berbahaya.

0 Response to "Buah Tomat Penting untuk Kesehatan | Ayo Makan Tomat"