Latest News

Bahaya dan Efek Kelebihan Vitamin D

Advertisement
Bahaya dan Efek Kelebihan Vitamin D - Satu lagi vitamin yang sering terjadi kelebihan serta efeknya yang bisa membahayakan kesehatan. Postingan ini tidak bermaksud menakut-nakuti anda dengan vitamin. Tetapi memang memberikan info yang sebenarnya, sebagaimana dikutip dari Amazine.co. Vitamin bisa saja terjadi kelebihan dan overdosis pada vitamin apa saja, tetapi terkadang tidak membahayakan.
Efek Kelebihan Vitamin D
Vitamin D dihasilkan dari makanan dan sebahagian dihasilkan oleh matahari. Vitamin d dari matahari, dihasilkan ketika sinar matahari mengenai kulit. Seseorang banyak mendapatkan vitamin D dari sinar matahari dan suplemen yang mereka konsumsi.

Sebenarnya istilah vitamin D ini kurang tepat, karena vitamin D ini lebih kepada horman dan mirip dengan horman. Karena bentuk vitamin D ini mirip dengan hormon maka kelebihan atau overdosis vitamin D bisa mengakibatkan beberapa penyakit serius yang berbahaya.

Bahaya dan Efek Kelebihan Vitamin D

Toksisitas Vitamin D
Vitamin D disimpan dalam sel lemak dan vitamin ini tidak sama dengan vitamin lainnya, karena tidak di ekskresikan seperti vitamin lainnya. Tentang ukuran dan dosis harian terhadap vitamin D akhir-akhir ini telah menjadi perdebatan, awalnya mereka mengatakan bahwa kebutuhkan terhadap vitamin D adalah sebanyak 200 IU - 600 IU. Namun kemudian dinaikkan menjadi 1000 IU untuk setiap harinya. Seseorang yang sering terkena sinar matahari dalam setiap harinya, bisa mencukupi bagi kebutuhan vitamin D hariannya.

Bahaya akibat kelebihan vitamin D ini baru terlihat gejalanya setelah beberapa bulan.

Gejala overdosis Vitamin D
Ini bisa saja berbeda setiap orang, kelebihan vitamin D bisa terjadi hal-hal seperti gugup, emosional, mudah tersinggung. Untuk gejala pada fisik bisa terjadi seperti mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan menurunnya berat badan.

Selain tanda diatas, bahaya kelebihan vitamin D bisa mengakibatkan gejala seperti sakit kepala parah, haus dan dehidrasi.
Baca juga: Bahaya kelebihan vitamin C
Lama-kelamaan gejala ini terus berkembang dan akhirnya bisa berefek pada saraf dan otot, ini akan menyebabkan gatal-gatal di kulit, kelelahan, dan kelemahan. Untuk tahap selanjutnya, kelebihan vitamin d akan mengakibatkan meningkatknya kadar kalsium dalam darah, pada tahap ini akan terjadi pengeroposan tulang. Gejala ini juga bisa mempengaruhi saluran kemih, mulai dari produksi urin yang berlebihan hingga batu ginjal, bahkan gagal ginjal sekalipun.

Penanganan kelebihan vitamin D
Penanganan dan pengobatan yang bisa dilakukan terhadap orang yang mengalami kelebihan vitamin d adalah dengan membatasi vitamin dalam waktu tertentu.

Untuk masalah ini mungkin anda membutuhkan waktu yang lebih lama, karena vitamin d ini disimpan dalam sel lemak, jadi untuk melihat hasilnya anda harus menunggu hingga cadangan vitamin dalam sel lemak habis.

0 Response to "Bahaya dan Efek Kelebihan Vitamin D"