Latest News

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Advertisement
Bau mulut yang tidak sedap bisa menyebabkan retaknya pergaulan dan bisa dijauhi oleh kawan-kawan. Anda akan tersisih akibat dari bau mulut anda, jadi pastikan selalu bau mulut sedap dan enak, agar teman-teman anda tidak menjauhi anda. Coba bayangkan kalau mulut anda bau, walaupun anda sudah mengenakan pakaian bagus, mahal, sudah rapi dan ganteng atau cantik tetap saja anda dijauhi, pasti kepercayaan diri anda akan hilang gara masalah bau mulut.
Bau Mulut Tak Sedap

Sebelum kami bahas lebih lanjut tentang bau mulut, kami akan jelaskan dulu apa saja yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap, sehinga kita bisa menjauhinya.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap
1. Makanan
Salah dalam memilih makanan bisa menyebabkan bau mulut tak sedap, salah satunya yaitu mengkonsumsi bawang putih, mengkonsumsi durian dan jengkol. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh tidak adanya sarapan pagi, jadi jangan lewatkan sarapan pagi anda walau lauknya tidak terlalu enak.

2. Bermasalah dengan hati dan ginjal
Kedua oragn ini juga bisa menyebabkan bau mulut, namun khusus pada keadaan hati atau ginjal anda tidak sehat atau beroenyakit. Ketika ginjal dan hati ini sakit, maka jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat, dan menghasilkan bau mulut yang tak sedap. Hati-hatilah kalau bau mulut anda tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter.

3. Masalah dari mulut
Bau tak sedap juga muncul ketika mulut anda dalam masalah seperti gusi bengkak, gusi berdarah, Begitu juga penyakit tenggerokan yang menyebabkan lendir bercampur dengan bakteri sehingga mulut anda berbau.

4. Merokok dan minenggak alkohol
Kedua aktivitas tidak sehat ini bisa memicu berkurangnya produksi air liur dalam mulut, sehingga menyebabkan bau mulut. Ini terjadi karena air liur bermanfaat untuk membunuh bakteri dalam mulut, nah ketika air liur sedikit maka bakteri dalam mulut bisa hidup dengan leluasa.

Inilah beberapa penyebab bau mulut tak sedap, agar mulut anda selalu fresh dan tidak bau, jauhilah segala penyebab bau mulut di atas, di samping itu anda bisa melakukan beberapa cara sederhana berikut ini untuk mengatasi bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut tak sedap

1. Menggosok gigi secara rutin
Menggosok gigi secara rutin 2 kali dalam sehari adalah hal yang bisa anda lakukan dalam menghindari dan mengusir bau mulut, gosok gigi dengan benar dan bisa juga anda barengi dengan penggunaan obat kumur, namun jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena bisa menurunkan produksi air liur.

2. Buah-buahan dan sayuran
Konsumsilah kedua bahan alami ini untuk menghilangkan bau mulut, buah yang bagus dikonsumsi adalah apel, jeruk, pir, serta sayuran seperti wortel.

Dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur, saluran pencernaan akan lancar dan akan memproduksi banyak air liur sehingga bakteri mulut tidak bisa berkembang.
mengatasi bau mulut dengan menggosok gigi

3. Herbal alami
Kunyahlah herbal alami seperti cengkeh, adas, atau biji adas untuk emghindari bau mulut tak sedap. Herbal ini bisa membuat nafas anda kembali segar dan fresh sepanjang hari.

4. Kayu manis dan madu
Setelah sarapan pagi minumlah satu sendok madu dicampur dengan sedikit bubuk kayu manis, herbal ini bisa menjaga kesegaran mulut sepanjang hari.

5. Secangkir Teh
Minum secangkir teh setiap hari sangat membantu menghilangkan bau mulut tak sedap. Teh, baik hijau atau teh merah mengandung polifenol yaitu anti oksidan yang bagus dalam membunuh bakteri mulut.

Demikianlah beberapa herbal dan bahan alami untuk mengatasi bau mulut tak sedap. Selain menjauhi penyabnya, juga perlu untuk melakukan beberapa metode dan cara mengatasi bau mulut tak sedap seperti yang telah jelaskan diatas. Selamat mencoba

Baca juga cara menghilangkan kutu rambut