Latest News

Cara Merawat Kulit Kering secara Alami

Advertisement
Cara merawat kulit kering secara alami - Kulit kering adalah salah satu masalah kecantikan sekaligus kesehatan seseorang. Kalau kulit pecah-pecah dan gatal itu menandakan bahwa kulit anda sedang diserang kulit kering. Lakukan pencegahan atau perawatan kulit kering agar kulit anda bisa kembali normal seperti kulit sehat kebanyakan orang. Kalau anda belum tahu cara merawat kulit kering, kami akan berikan tips dan cara merawatnya untuk anda.
Cara Merawat Kulit Kering

Sebelum kami beberkan cara merawat kulit kering, kita lihat dulu apa saja penyebab terjadinya kulit kering. Dengan mengetahui penyebabnya diharapkan kita bisa menjauhi dan menghidarinya se iring kita melakukan perawatan untuk mengembalikan kulit ke kulit sehat.

Penyebab Kulit Kering

Kalau anda merasakan kulit kering, mungkin karena disebabkan oleh salah satu penyebabnya, yaitu:

1. Berkurangnya kelembaban kulit
Kalau anda sering berada dalam ruangan ber AC biasanya tubuh akan cepat mengalami pengeringan, padahal minyak tubuh dibuthkan oleh kulit untuk menghasil sebum barrier. Itulah kenapa kalau anda bekerja dalam ruangan ber-AC anda harus keluar barang sejenak untuk berkeringat. Berlama-lama dalam AC akan menurunkan tingkat kelembaban kulit yang disebut dengan NMF (normal Moisturizer Factor).

2. Radiasi matahari
Radiasi matahari secara langsung juga bisa menjadi tersangka bagi penyebab kulit kering. Radiasi yang dipancarkan matahari bisa menyebabkan terkelupasnya kulit sebelum waktunya sehingga kutli dibawahnya tidak lembab. Maka, jauhilah terpaan sinar matahari secara langsung karena akan mebuat kulit anda tersiksa.

3. Gaya hidup
Gaya hidup juga berpengaruh pada kulit kering, misalnya pola makan yang tidak sehat. Mengkonsumsi alkohol, rokok, stress serta diet tak seimbang bisamemicu terjadinya kulit kering yang pada gilirannya membuat tubuh anda cepat mengalami penuaan.

4. Terlalu sering mandi. Mandi memang baik kesehatan, namun kalau anda keseringan mandi, justru akan membuat tubuh anda kekurangan minyak. Misalnya anda menggunakan sabun keras yang akan menguras minyak dalam kulit sehingga anda akan kelihatan lebih kering.

Ini beberapa penyebab kulit anda menjadi kering. Kalau anda mengalami kulit kering yang disebabkan oleh faktor-faktor di atas, maka lakukanlah perawatan kulit kering dengan berbagai metode dan cara agar kulit anda tetap lembut dan tidak kering. Berikut kami sharing cara merawat kulit anda yang kering.

Cara Merawat Kulit Kering Secara Alami

1. Membersihkan kulit lebih sering.
Perlu menjaga kebersihan kulit anda, anda perlu mandi lebih sering agar kulit tidak kusam. Tetapi penting dilihat, jangan sekali-kali menggunakan sabun keras yang tidak cocok dengan kulit anda. Gunakan sabun yang lembut agar kulit anda tidak bertambah keringnya.

2. Manggunakan Madu
Madu adalah bahan alami yang disediakan alam dengan segudang manfaat baik untuk kecantikan atau kesehatan. Salahsatunya yaitu menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering. Gunakan selalu madu pada kulit kusam atau kasar anda agar tidak bertambah kasar. MIsalnya pada tumit, pada mata kaki yang seringkali kulitnya menjadi tebal.

3. Jangan berlama-lama dikamar mandi
Mandilah dengan durasi sebentar, tidak lama. menghabiskan waktu lama dalam kamar mandi akan membuat kulit anda kering dan terlihat kusam ketika kering. Jadi mandi secukup saja dan cepat-cepat keluar dari kamar mandi. Mandi dengan mengguanakan air dingin, menggunakan air panas akan mebuat kulit akan semakin kering akibat dari menghilangnya minyak dalam kulit.

4. Minyak zaitun
MInyak yang satu ini sangat banyak manfaat dan kegunaan untuk kecantikan. Kulit kering bisa dirawat dengan menggunakan minyak zaitun agar kulit kembali menjadi lembab dan cerah.

5. Makanan sehat
Selain faktor di atas ada juga faktor lain yaitu mengkonsumsi makanan sehat. Ini adalah cara merawat kulit kering dari dalam. Agar kulit selalu terlihat lembab dan sehat makanlah makanan seperti asam lemak, vitamin C, magnesium, dan beta-carotene. Misalnya salmon, cokelat hitam, ikan, mangga, dan jeruk.

6. Hindari AC
Berlama di ruangan Ac akan membuat kulit kering dan kusam. Maka bagi anda yang berada dalam Ac sebaiknya mengguanakan pelembab untuk kulit.

7. Minum air.
Cara paling ampuh menjaga dan merawat kulit kering adalah dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. MInumlah air dalam kapasitas yang cukup agar anda tidak dehidrasi. Ingat terdiri dari air sebagian besarnya. Maka minumlah minimal 8 gelas air putih setiap harinya.