Latest News

Tips Mengurangi Rasa Gatal pada Perut Ibu Hamil

Advertisement
Tips Mengurangi Rasa Gatal pada Perut Ibu Hamil - Selama kehamilan, ibu hami mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya, terutama yang menyangkut dengan perut ibu hami yang terus membesar karena perkembangan janin dalam tubuh. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu rasa gatal pada perut, ini bisa terjadi karena terjadi peregangan pada kulit perut yang membesar yang disebut dengan stretch mark atau bisa juga rasa gatal pada perut terjadi karena adanya perubahan hormon dalam perut. yaitu bertambahnya hormon strogen selama kehamilan sehingga sering kali mneyebabkan rasa gatal yang sangat menjengkelkan.
Mengurangi Rasa Gatal pada Perut

Bagi anda yang mengalami masalah ini selama kehamilan, ada tips mengurangi rasa gatal pada perut yang bisa anda coba. Minimal bisa mengurangi walaupun tidak bisa menyembuhkan, yang penting jangan digaruk karena bisa saja mengganggu keadaan bayi dalam perut. Berikut tipsnya.

Mengurangi Rasa Gatal pada Perut Ibu Hamil

1. Gunakan pakaian yang longgar
pakaian adalah hal penting diperhatikan ketika hamil. Jangan menggunakan pakaian ketat atau baju ketat. gunakan pakaian yang longgar agar tidak terjadi gatal dibagian perut anda. Selain bisa menghindari gatal pakaian yang longgar juga bisa membuat anda leluasa dalam beraktivitas sehari-hari selama kehamilan.

2. Oleskan minyak lidah buaya atau Olive Oil
Selama kehamilan terkadang dipicu oleh stretch mark yang membuat garis merah-merah pada perut. Oleskan minyak olive oil atau minyak lidah buaya untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah berkembangnya stretch mark lebih lanjut.

3. Hindari mandi dengan air hangat
Air hangat tidak hanya memperburuk kerja minyak lidah buaya yang telah anda oleskan pada perut atau minyak olive oil, tetapi air hangat juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering sehingga mengakibatkan efek lebih buruk bagi penyakit gatal.

4. Hindari parfum dari gatal
Kalau anda termasuk tipe wanita yang sering gatal ketika hamil, maka hijndari menggunakan parfum pada bagian gatal. Karena bisa menyebabkan irirtasi dan rasa gatal anda semakin bertambah. Gunakan saja bahan alami untuk menghasil wangi pada tubuh anda.

5. Mengkonsumsi cukup cairan
Cairan tubuh selama kehamilan juga sangat penting untuk dipenuhi. Maka makanlah makanan yang mengandung banyak air (selain minum air putih). Kalau cairan tubuh terpenuhi dan cukup selama kehamilan, maka perut anda bisa terhindari dari rasa gatal. pastikan anda tetap minum banyak walaupun cara minumnya sedikit-sedikit.

6. Mengompres dengan air dingin
Tips lain menghindari dan mengurangi rasa gatal pada perut selama kehamilan adalah dengan mengompresnya menggunakan kain handuk kecil. Rendamkan handuk kecil dengan air dingin, dan peras airnya, kemudian kompres perut anda menggunakan handuk tersebut. Semoga saja bisa mengurangi rasa gatal yang anda derita.

Hal penting lainnya adalah sering berkonsumltasi dengan dokter atau bisan. Tidak ada salahnya anda berkonsultasi dengan dokter ketika terjadi sesuatu yang belum anda ketahui atau alami.