Latest News

Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Advertisement
Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil - Kram adalah hal sering dan hampir di alami oleh semua wanita hamil. Kram terjadi karena kurangnya atau tidak lancarnya aliran darah ke tubuh bagian bawah akibat dari terjepitnya rahim oleh bayi dan beratnya badan bayi. Selain ini, ada faktor lain diluar faktor bayi yaitu ibu hamil yang kuran gmengkonsumsi mineral-mineral seperti potasium, kalsium, magnesium. Kram pada biu hamil sering kali datang ketika ibu hamil istirahat malam.
Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Berikut beberapa cara mengatasi kram pada ibu hamil, yaitu:
  1. Minum banyak air putih. Air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mencegah dehidrasi, dan menjaga aliran daah tetap lancar.
  2. Mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, yoghurt, keju, dan sayuran berdaun hijau. Selain untuk kram, kalsium sangat penting untuk perumbuhan tulang.
  3. Seringlah menggerakkan kaki, gerak-gerakkan kaki sesering mungkin, ini akan memleluasakan otot-otot kaki
  4. Jangan menggunakan sepatu berhak tinggi. Sepatu aneh ini akan memberikan tekanan yang lebih pada ujung kaki dan betis sehingga meningkatkan resiko kram kaki
  5. Memijat betis. Pijatan pada daerah betis penitng dilakukan untuk melancarkan darah. Sering-sering memijat, anda bisa juga meminta bantuan suami untuk memijatnya.
  6. Jangan berdiri dalam waktu yang lama atau duduk dalam keadaan melipat kaki
  7. Lakukan peregangan kaki dengan cara memutar persendian se arah putaran jarum jam atau sebaliknya. Dengan gerakan ini anda mampu meningkatkan mobilitas dan fleksibelitas. Selain itu berilah obat penghangat pada bagian betis sampai telapak kaki untuk mengatasi otot yang menegang.
Demikianlah tata cara singkat atau cara mengatasi kram kaki pada ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa anda coba. Perhatikan selalu makanan ibu hamil, karena makanannya sangat berhubungan dan berpengaruh bagi kesehatan bayi baik mental maupun fisik.