Latest News

Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar

Advertisement
Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar - Salah satu kesehatan yang sangat penting dijaga adalah kesehatan gigi. Kesehatan gigi sangat menentu dalam hidup sehat, kalau seseorang menderta sakit gigi, maka semuanya akan terasa tidak menentu, semuanya akan bermasalah. Sakit gigi disebabkan oleh ketidakperhatian kita terhadap gigi, dan mulut. Kesehatan mulut juga mengambil andil dalam kesehatann gigi, coba bayangkan kalau mulut tidak dijaga kebersihannya, maka gigi, gusi dan gigi akan bermasalah.
Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar
Untuk itu dala kesempatan ini kami akan memberikan tips menjaga kesehatan gigi yang benar, agar gigi tetap sehat dan kuat tidak berlobang. Selain cara medis ada banyak cara alami yang bisa kita terapkan pada kesehatan gigi, diantaranya yaitu sebegai berkut:

Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar

  1. Makanan. Makanan adalah hal penting dalam kesehatan, sebaik apa yang kita masukkan dalam tubuh sebaik itu juga kondisi tubuh kita, maka para pakar medis selalu menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan bernutrisi. Diantara vitamin dan mineral yang penting untuk gigi adalah vitamin A, C dan D.
  2. Minuma cukup air putih. Air putih tidak dapat dipungkiri sebagai komponen penting tubuh kita, bukankah tubuh kita saja terdiri dari lebih 80% air. Begitu juga dengan gigi, air juga sangat berperan dalam menyehatkan gigi, air liur saja merupakan komponen air yang berfungsi menyimpan berbagai zat penting untuk kesehatan gigi, juga dengan air liur sisa-sisa makanan bisa dibersihkan dan dikeluarkan dari gigi, sehingga tetap terlindungi dari kuman dan enamel gigi juga tetap sehat.
  3. Perhatikan waktu makan. Ini antara makan berat dengan ngemil, beri jeda antara keduanya, karena kalau tidak asam akan selalu terjadi pada gigi dan membentuk karang gigi.
  4. Makan keju dan susu. Makanan dan minuman ini kaya akan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh gigi. Bukan hanya itu, tetapi fosfat dan vitamin D yang dikandung oleh kedua bahan ini juga sangat penting untuk kesehatan gigi seperti mencegah gigi keropos dan berlubang.
  5. Hindari terlalu banyak gula. Makanann dan minuman yang mengandung sebaiknya dibatasi, karena kandungan gula dapat membuat asam melekat pada gigi dan membuat gigi berkarang. Beberapa jenis minuman yang harus dibatasi yaitu teh gula, kopi manis, dan permen lallipop.
  6. Kesehatan gigi anak. Untuk anak-anak yang masih balita sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama minum susu dalam dot, karena ini akan membuat giginya terlalu sering terkena karbohidrat, ini akan membuat gigi anak rusak. Kalau anda mau memberikan susu kepada anak berikan dalam gelas.
  7. Sikat gigi secara rutin. Sikat gigi yang benar dan rutin bisa meminimalisir terjadinya plak pada gigi, sikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu pagi hari dan sebelum tidur. kalau memungkinkan anda bisa menggosok gigi setiap lepas makan.
  8. Berhenti merokok. Merokok merugikan kesehatan, selogan ini selalu ada dan kita baca dimana-mana, dan tidak pernah ada kebaikan pada rokok ini, namuan kenapa banyak orang yang tetap merokok, itulah kebodohan. Merokok bisa merusak gigi anda yang putih menjadi hitam dan kotor, bahkan bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya.
  9. Pemeriksaan dokter. Datangilah dokter setiap 6 bulan sekali untuk mengecek dan melihat kondisi gigi anda serta memberikan solusi bagi semua masalah yang terjadi pada gigi anda.
Itulah beberapa cara menjaga kesehatan gigi dengan benar, beri perhatian selalu pada gigi anda agar gig anda bisa selalu sehat dan kuat dan selalu bisa berfungsi dengan baik.

Baca juga cara menghilangkan karang gigi secara alami.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar"