Latest News

Cara-Cara Merawat Kesehatan Mata anda dengan Benar

Advertisement
Cara-Cara Merawat Kesehatan Mata - Mata adalah salah satu dari 5 indra pada tubuh manusia, sudah barang tentu ini adalah salah satu organ terpentig dalam tubuh manusia, namuan demikian terkadang banyak manusia yang ogah atau menganggap ini kurann penting. Buktinya adalah sering berlama-lama menatap komputer tanpa menghiraukan kesehatan mata, padahal mereka yakin bahwa berlama didepan komputer pelan-pelan akan merusak mata.
Merawat Kesehatan Mata anda dengan Benar
ilustrasi kesehatan mata
Karena ini penting, maka kami dari carakecantikanwanita.com mau berbagi tips dan cara-cara merawat kesehatan mata agar mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia kita, karena kebanyaka orang seiring dengan bertambahnya usia mata terus menjadi kabur atau rusak kesehatannya. Sebagaimana yang kami kutip dari merdeka.com, cara merawat organ penting ini ada 10 macam yang bisa kita praktekkan.

10 Cara merawat kesehatan mata

1. Makan banyak wortel. 
Makan hanya sedikit wortel atau sesekali tidak akan berpengaruh pada kesehatannya anda alis ini tidak akan menyembuhkan mata anda, tetapi konsumsilah wortel secara rutin, misalnya setiap hari satu gelas jus wortel. WOrtel mengandung banyak betakaroten yang sangat penting dalam mata karena kemampuannya sebagai anti oksidan dalam mengurangi degenarasi makula.

2. Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam
INi berbahaya untuk kesehatan mata. Memakai lensa kontak dalam waktu yang lama seperti 19jam bisa merusak mata anda secara permanen. Begitu juga jangan memakai kaca mata dalam durasi terlalu lama.

3. Jangan sering memakai obat tetes
Obat tetes sah-sah saja anda tetes kemata anda, tetapi ingat ini hanya dibenarkan sesekali saja ketika mata anda merah. Kalau terlalu sering menggunakan obat tetes ini justeru bisa merusak kesehatan mata.

4. Kompres mata dengan mentimun
Sesekali gunakan mentimun untuk mengompres mata anda. Potong-potong mentimun ukuran tipis dan tempelkan ke kelopak mata anda sekitar 10 menit sebelum tidur. Mentimun ini bisa menghilangkan mata bengkak dan garis hitam yang dibawah mata.

5. Gunakan kaca mata yang hitam
Kaca mata hitam pelindung sinar ultraviolet penting digunakan untuk mencegah mata terkena paparan sinar ultraviolet. Bukan hanya lensa gelap tetapi juga terpolarisasi

6. Jangan terlalu lama di depan laptop
Duduk terlalu lama didepan laptop bisa membuat mata lelah, dan kondisi ini kalau dibiarkan terus menerus maka bisa memperburuk kesehatan mata anda. Kalau mata anda telah lelah didepan laptop, maka ambil kesempatan untuk melihat-lihat pemandangan hijau beberapa menit.

7. Hindari membaca dalam cahaya redup.
Cara merawat kesehatan mata yang lainnya yaitu jangan membaca dalam cahaya redup. Cahaya yang tidak terang atau redup tidak bagus dimanfaatkan untuk membaca, karena ini bisa membuat mata anda tegang.

8. Hindari cahaya yang terlalu terang
Jangan mencoba menatap sinar-sinar yang terang seperti melawan cahaya lampu mobil, atau menatap cahaya matahari. Ini bisa merusak mata anda.

9. Gunakan kaca mata disat tertentu
Untuk menjaga kesehatan mata anda, anda diharuskan memakai kacamata tertentu kalau anda bekerja di area atau lokasi yang berudara berbahaya. Misalnya anda bekerja disekitaran bahan kimia atau bekerja ditempat dengan partikulat udara berbahaya.
Baca juga: Perawatan wajah kusam
10. Melatih mata anda
Menjaga kesehatan mata dengan melatih mata yaitu dengan cara memfokus pandangaan anda pada objek yang ada didekat anda, kemudian alihkan mata untuk memandang objek yang jauh. Ulangi cara ini untuk beberapa kali.

Itulah cara-cara merawat dan menjaga kesehatan mata. Mata adalah penting untuk dijaga, bayangkan kalau mata anda tidak ada, sungguh ini membuat kita tidak bisa berbuat banyak melainkan hanya selalu meminta pertolongan orang. Tidak inginkan. So, mari menjaga kesehatan mata dengan baik, mencegah lebih baik dari mengobati. Salam sehat

0 Response to "Cara-Cara Merawat Kesehatan Mata anda dengan Benar"