Latest News

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Advertisement
Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Anak - Gigi adalah bagian penting dari mulut yang membuat kita mengunyah dan merasakan enaknya makanan enak dan enaknya menikmati berbagai buah. Untuk itu gigi harus selalu dijaga kesehatannya, apalagi gigi anak-anak. Gigi anak-anak masih baru dan sangat perlu dijaga dan dipelihara dengan baik agar gigi mereka bisa tumbuh dan sehat selalu. Perlu diketahui bahwa gigi anak-anak lebih sensitif karena gigi mereka sangat peka terhadap manisan, jadi jangan sesekali anda memberikan manisan kepada anak-anak kalau anda tidak rajin menjaga kesehatan giginya.
 Menjaga Kesehatan Gigi Anak
Tanpa memandang usia gigi harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik. kalau anak-anak sudah terbiasa dengan menggosok gigi waktu kecil, maka ketika besar nanti mereka akan mudah dan suka menjaga kesehatan giginya tanpa perlu diperingatkan. Inilah yang perlu di didik dari sekarang agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Berkembang dalam pengetahuan terhadap kesehatan yang memadai, sehingga gaya hidup sehat bisa mereka terapkan dalam hidup sehari-hari.

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Gigi anak-anak tidak sama dengan gigi orang dewasa, jadi anda harus tahu Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Anak agar anak anda sehat dan bebas dari penyakit, terutama gigi. Dalam postingan ini kami akan membahas tentang cara menjaga kesehatan gigi anak. Semoga saja bermanfaat.

1. Kebiasaan membersihkan gigi anak
Untuk menjadi sebuah kebiasaan, proses pembersihan gigi pada anak harus diterapkan sedini mungkin, agar nanti bisa tumbuh menjadi sebuah kebiasaan yang mesti dan tidak boleh tidak. Bagi anak-anak anda yang masih kecil dan baru nampak sebahagian kecil gigi, bersihkan selalu gigi dan gusinya dengan menggunakan kain basah.

2. Menggunakan pasta gigi fluoride
Setelah nampak gigi susu pada anak anda sudah bisa menggunakan pasta gigi berfluoride untuk membersihkan giginya. Untuk anak-anak anda yang masih berumur dibawah 3 bulan sebaiknya anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sebanyak 1000 ppm, tetapi kalau anak anda sudah melebih usia tersebut atau dalam rentang usia 3 bulan-6 bulan anda sudah bisa menggunakan pasta gigi yang mmengandung fluoride 1350-1500 ppm. Dan perhatikan juga bahwa mereka tidak menelan pasta giginya atau memakannya.

3. Menggosok gigi yang benar
pada tahap awal ini anda perlu meyakinkan anak-anak bawah mereka benar dalam menyikat giginya. Jelaskan kepada mereka dengan sederhana, dan cara memegang sikat gigi yang benar sehingga mereka tahu dan berkembang menjadi kebiasaan hidup sehat yang benar.

4. Flossing
Teknik flossing ini sudah anda perkenalkan pada anak-anak ketika mereka mulai berusia 2.5 atau 3 tahun, dalam usia ini anda sudah bisa mengenalkan teknik flossing yaitu proses pembersihan sisia-sisa makanan dengan menggunakan benang gigi. Memang sukar hal ini, tetapi harus anda perkenalkan secara sederhana, flossing bisa bermanfaat untuk menghilangkan sisa makanan dalam sela gigi, menghilangkan bau mulut, dan flossing juga menjadi awal dari kebersihan gigi yang benar dan sehat.
Baca juga: Cara menjaga kesehatan gigi dengan benar
5. Makan makanan sehat
Jelaskan kepada anak-anak agar mereka makan makanan yang bergizi, makanan yang mengandung gula cepat atau lambat bisa merusak gigi anak-anak dengan menciptakan lubang paada gigi. Jadi batasi mereka makan makanan bergula, perkenalkan kepada mereka makanan bergizi seperti jus buah, ini bukan sekedar bergizi, tetapi juga bisa mengurangi kemungkinan gigi anak berlubang. Makan buah-buahan serta sayuran mentah, keju non-olahan, susu serta yogurt merupakan pilihan yang tepat yang harus jadikan sebagai menu diet anak-anak (pola makan anak).

6. Periksa gigi ke dokter
Ketika anak sudah berusia 2 tahun anda sudah bisa membawa anak ke dokter gigi untuk memeriksa giginya sedini mungkin. Kalau anda masalah atau problem dengan gigi anak-anak maka bisa diatasi secepatnya.

Itulah 6 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Anak agar tetap tumbuh menjadi anak-anak yang sehat dan fresh. Ini penting anda lakukan sebagai orang tua, kebiasaan baik anda akan sangat berpengaruh pada anak-anak anda nantinya, jadi berikan selalu nila-nilai positif kepada anak-anak anda agar mereka tumbuh menjadi anak yang membanggakan.

0 Response to "Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Anak"