Latest News

Lebih Jauh Tentang Kesehatan Gigi Anak

Advertisement
Lebih jauh Tentang Kesehatan Gigi Anak - Ini perhatian yang serius bagi ibu dan mama sebenarnya, karena pola makan, tidur bayi sangat berpengaruh pada kerusakan giginya kelak. Kebiasaan makan, bermain, minum dan tidur sangat memegang pengaruh terhadap kesehatan gigi anak anda. Banyak kasus bahwa kerusakan gigi pada anak adalah akibat dari sering ngedot sampai tertidur. Jadi tugas ibu adalah memperhatikan rutinitas bayi anda, mulai cara makannya, bermain, minum susu dan kemudian bersihkan giginya atau gusinya dari timbunan susu dengan kain bersih yang telah dibasahi, baru kemudian di ajak tidur, dengan cara seperti ini anak tidak akan terbiasa ngedot sambil tidur.
Tentang Kesehatan Gigi Anak

Menurut Australian Dental Association ketika anak anda sudah berumur 12 bulan, anda harus mengubah cara minumnya, kalau dulu menggunakan dot, sekarang silakan menggunakan gelas minum, ini bermanfaat untuk mencegah banyak terkontaminasi mulut bayi dengan gula atau susu. Selain cara ini, dalam menjaga kesehatan gigi anak hindari menambah gula, madu atau lemon dalam makanan anak karena zat manis dan asam bisa membuat gigi anak cendrung rusak.

Cara lain menjaga kesehatan gigi bayi adalah dengan memperhatikan makanannya, kalau anak atau bayi anda sudah mulai makan makanan padat, usahakan memberikannya makanan yang bergizi dan penuh dengan kalsium untuk ketahan tulang dan giginya. Hal lain penting untuk diperhatikan oleh orang tua terutama mama adalah menjaga kebersihan, karena bayi dilahirkan dalam keadaan bebas dari bakteri dimulutnya, tetapi yang membuat bayi atau anak terjangkit bakteri adalah berbagai faktor luar seperti ibunya yang tidak bersih. Misalnya meniup-niup makanan, mencium bayi, dll. Ini akan membawakan bakteri kepada bayi. maka di anjurkan mama untuk selalu bersih dalam mengasuh anak dan bebas dari kuman agar bayipun bisa hidup sehat dan bersih dari bakteri dan kuman.

Ini saja sebagai tata cara dalam menjaga kesehatan gigi anak anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Lebih Jauh Tentang Kesehatan Gigi Anak"