Latest News

Cara Mengatasi Lingkaran Hitam pada Mata Secara Alami

Advertisement
Mengatasi Lingkaran Hitam pada Mata - Anda sering mengeluh dengan lingkaran hitam yang terjadi dibawah mata anda, dan anda ingin mengobatinya atau ingin mencegahnya tetapi tidak tahu caranya, atau anda sudah mencoba berbagai cara yang di ajarkan tetapi belum membuahkan hasil. Memang ligkaran hitam ini muncul karena disebabkan oleh berbagai sebab, seperti kurang tidur, kurangnya bantalan lemak dibawah mata, bertambahnya usia, dan gaya hidup yang tidak sehat.
Mengatasi Lingkaran Hitam pada Mata
Beberapa penyebab lingkaran hitam atau gelap itu seringkali tidak bisa disembuhkan, karena berasal sari faktor dalam sehingga walaupun anda mengoleskan berbagai cream tetap saja lingkaran hitam tida menghilang. Tetapi anda tenang saja, baru-baru sebagaimana yang dikutip dari vemale.com, seorang dermatologis yang bernama Dr Nicholas Perricone, MD memberikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya lingkaran gelap dibawah mata.

Tips mengatasi lingkaran hitam dibawah mata

  1. Usahakan anda minum cukup air setiap harinya, jangan biarkan tubuh anda dehidrasi, karena hal sepele ini bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam ringan dibawah mata
  2. Jangan terlalu suka dengan cemilan asin seperti keripik, tinggalkan dulu makanan ini. Begitu juga garam, kurangi mengkonsumsi garam secara berlebihan, kelebihan garam juga bisa memberikan lingkaran hitam pada mata.
  3. Hindari merokok sebaik mungkin. Kalau anda seorang perokok dan ingin menghilangkan lingkaran hitam, caranya adalah dengan berhenti atau stop smoking.
  4. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah istirahat cukup. Maksudnya adalah anda harus tidur 7 jam tiap malamnya, dengan tidur yang cukup ini bisa menekan dan mengurangi lingkaran hitam dibawah mata.
  5. Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C, seperti buha jeruk, kiwi, tomat, apel dll.
Demikianlah beberapa cara sederhana mengatasi lingkaran hitam dibawah mata. caranya terkesan sederhana, tetapi banyak juga yang belum tahu. Anda tidak perlu menggunakan berbagai herbal atau bahan kimia untuk menghilangkan lingkran mata ini, tetapi cukup dengan memperhatikan gaya hidup anda yang sehat dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyebab terjadinya lingkaran hitam

  1. Penuaan. Dengan bertambahnya usia maka kulit di area mata semakin menipis, sehingga memungkinkan untuk nampaknya pembuluh darah yang membiru, itulah sebanyak timbul lingkaran dibawah mata.
  2. Kurang nutrisi. Hal lain yang menyebabkan terjadi lingkaran hitam adalah tubuh anda yang kurang nutrisi, jadi konsumsilah cukup makanan yang mengandung banyak vitamin A, C, K dan E. Makan sayur dan buah-buahan sehat setiap harinya.
  3. Kurang tidur. Faktor selanjutnya adalah tidak cukup istirahat atau kurang tidur. Hal ini bisa menyebabkan mata bengkak dan timbul lingkaran
  4. Merokok dan minum alkohol. Hidup tidak sehat ini memicu keadaan kesehatan anda yang tidak sehat, salah satunya yaitu membuat kulit anda rusak dan bengkak, terutama diarea bawah mata, karena daerah ini adalah daerah dengan kulit manusia tertipis.
  5. Paparan sinar matahari/UV. Selanjutnya yaitu akibat terppar dengan sinar matahari terlalu lama, hal ini memicu terjadinya pigmentasi pada permukaan kulit, dan hasilnya timbul lingkaran gelap di bawah mata. Ada dua lapisan kulit, epidermis dan dermis. Ketika melanin terlalu banyak diproduksi di bagian epidermis, maka kulit akan terlihat cokelat. Tapi apabila sampai ke dermis maka warnanya akan menjadi biru atau biru keabuan.
Inilah beberapa penyebab terjadinya lingkaran hitam dibawah mata. Hindari semua penyebab ini untuk bisa mengatasi lingkaran yang sedang anda alami dan terapkan hidup sehat sebagaimana yang telah kami jabarkan di atas.