Latest News

Cara Mengatasi Wajah Berminyak - Penyebab Muka Berminyak

Advertisement
Cara Mengatasi Wajah Berminyak - Wajah adalah simbol kecantikan seseorang selain rambutnya. Namun kecantikan akan hilang manakala wajah mengeluarkan minyak dan membuat wajah anda licin seperti kelebihan make up. Pemandangan ini sungguh sangat jorok dan mengesankan anda tidak sehat apalagi untuk tampil cantik. Sebenarnya wajah seperti perlu perawatan khusus untuk wajah berminyak agar bisa teratasi. Namun sebelum kita membahas cara mengatasi wajah kusam berminyak terlebih dahulu kita lihat apa saja yang menjadi biang keladi atau penyebab wajah berminyak, sehingga bisa memudahkan usaha kita dalam menghilangkan minyak berlebihan pada wajah.
Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Penyebab Muka Berminyak
1. Stress
Stress adalah gejala dari ketidak sehatan gaya hidup. Ketika anda stress maka hormon yang disebut dengan kartisol akan dilepas untuk membuat anda lebih waspada dan cepat dalam menghilangkan stress anda. Namun tidak sepenuhnya hormon kartisol ini bermanfaat, kalau tubuh anda mengeluarkan hormon ini dalma jumlah yang banyak sekali, ini bisa mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan anda, karena tubuh melalui kelenjar kinyak akan menghasilkan minyak secara berlebihan, sehingga kulit anda nampak berminyak dan licin.

2. Faktor cuaca
Cuaca yang kering atau panas serta cuaca lembab bisa menjadi penyebab kulit anda mengeluarkan keringat dan membuat kulit berminyak. Ini beda dengan cuaca yang dingin yang membuat kita lebih aman dan tidak berkeringatan. Untuk menghadapi cuaca yang buruk bagi kesehatan kulit anda bisa menggunakan make up yang bisa bertahan di cuaca panas, seperti make up dengan formula mattyfing. Make up ini bisa menyerap minyak dari kulit dan bisa menghilangkan warna mengkilap akibat minyak.

3. Faktor kosmetik
Keberadaaan kosmetik pada kulit sebenarnya sama sekali tidak menambah kulit dalam menghasilkan minyak, namun ketebalan make up yang anda gunakan akan membuat minyak dalam kelenjar kulit terperangkap, akibatnya anda akan kelihatan mengkilap seperti mobil, dan keadaan ini juga akan memperparah jerawat anda. Jadi hati-hati dengan kosmetik, lebih baik anda coba cantik dengan make up minimalis nan simpel, ketimbang hasilnya menakutkan seperti ini. Untuk menghilangkan sisa kosmetik diwajah gunakan make up remover, pembersih dan penyegar wajah.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Sekarang kita lihat bagaimana cara mengatasi masalah kulit berminyak, agar bisa dengan mudah kita terhindari dari masalah kulit yang sering kali menyebalkan ini, terutama bagi anda yang wanita.

1. Menggunakan tabir surya
Cara melindungi kulit berminyak dari terpaan sinar ultraviolet yang membuat kulit anda semakin parah dalam mengeluarkan minyak yaitu dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih. Disamping itu, tabir surya yang anda kenakan dan gunakan bebas dari pelembab.

2. Masker lemon
Memanfaat masker lemon untuk mencegah dan mengatasi kulit berminyak adalah alternatif mudah untuk anda lakukan. Caranya yaitu dengan memeras lemon dan ambil airnya, kemudian campurkan dengan madu murni dan oleskan pada wajkah anda dan leher secara merata. Untuk memaksimalkan kerja anda, sebaiknya anda juga minum air lemon dicampur madu, ini bermanfaat untuk merawat kulit berminyak dari dalam. Lemon bagus untuk kulit karena mengandung vitamin c yang bisa mencerahkan kulit dan membuat kulit bersinar.

3. Menggunakan masker apel.
Selain lemon ada buah apel yang bagus anda jadikan sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak. Apel mengandung banyak anti oksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan dan penuaan dini. Cara membuat masker aple yaitu dengan memblender apel dan campurkan dengan madu serta air mawar dan aplikasikan pad awajah dan leher anda. Kandungan elastin dan kolagen dalam apel sangat efektif dalam membuat kulit anda awet muda.

4. Mengatasi minyak kulit dengan masker pisang
Pisang adalah buah yang bisa dikonsumsi secara langsung sebagai sumber energi dan memberikan keringanan bagi anda yang sedang menderita kram saat haidh. Selain enak dimakan, buah pisang juga bisa mencegah minyak berlebihan pada wajah, caranya yaitu dengan menggunakan masker pisang.

Cara Membuat masker pisang mudah saja, yaitu dengan melumatkan buah pisang masak hingga hancur dan halus, aplikasikan pada wajah secara merata dan lengkap. kalau anda berjerawat adna bisa juga menambahkan madu didalamnya, insya Allah jerawat dan minyak wajah anda akan segerata teratasi.

5. Menggunakan masker mangga
Mangga adalah buah manis yang seringkali menjadi santapan ringan sehari-hari, selain sebagai snack ternyata mangga juga bermanfaat besar bagi kesehatan kulit yaitu menghilangkan minyak pada kulit wajah. Cara membuat nya kurang lebih sama seperti membuat masker pisang, hanya tinggal dihancurkan sampai halus dan aplikasikan pada wajah anda.

Inilah beberapa cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan-bahan alami. Untuk hasil yang efektif anda perlu melakukan cara-cara di atas beberapa kali. Sekian dari kami dan selamat mencobanya, semoga bermanfaat.